Catatan si Fajar Bagus..

Ketika Berbagi menghadirkan kebahagiaan…

HOT WHEELS

Apaan sih HOTWHEELS?

Hari gini siapa yang ga kenal sama Hot Wheels??? mainan mobil – mobilan kecil yang banyak dijumpai di supermarket semisal Carrefour, Hypermart, Yogya, Hero, Giant, Griya, Superindo, sampai Indomart atau juga di toko mainan seperti Kidz Station, Toy City, Toymart, ataupun Toy Zone. Hot wheels biasa di sebut dgn ‘HW’ dikalangan kolektor. Mobil mainan HW biasanya merupakan replika dari mobil asli. umumnya dengan skala 1/64. Meskipun demikian, ada juga mobil mainan HW yang berasal dari karya imajiner dan khayalan. Mainan ini dibuat oleh mattel inc dari Amerika.

Setiap tahun, HotWheels selalu mengeluarkan katalog terbarunya. Untuk saat ini, katalog hotwheels 2009 sudah keluar. Jumlah setiap tahun pun berubah – ubah. namun biasanya diatas 160 model. Untuk model yang tahun ini sudah keluar, maka tahun depan tidak akan keluar lagi. kalaupun keluar, tentunya ada perbedaan di warna cat, tampo(decal), atau ban.

Disetiap katalog, mobil di bagi – bagi berdasarkan jenisnya. Ada ‘First Edition’, ‘Track Star’, ‘Team’, dan ‘Treasure Hunt’. First Edition merupakan jenis HW yang baru keluar pada tahun itu. Mobil dari jenis Track Star sangat cocok untuk dimainkan diatas track. karena biasaya mobil dari jenis ini memiliki kestabilan yang tinggi. kadang juga ada jenis yang bodinya terbuat dari plastik namun chasisnya terbuat dari besi. seperti mobil Subaru Impresa tahun 2007. Team merupakan jenis mobil yang memiliki tema atau memiliki kesamaan tertentu. biasanya satu team terdiri dari empat mobil.

Saat ini, hotwheels dijual dengan harga 19000 perbuahnya. memang ini harga yang mahal untuk sebuah mobil seukuran segitu. tapi jangan salah, kekuatan mobil mainan hotwheels lebih baik ketimbang mainan lain yang lebih murah. Mobil ini bisa di mainkan di Track atau jalur yang sudah disediakan dan dapat di beli secara terpisah.

Kolektor Hot Wheels

Saat ini di Indonesia, mulai banyak orang – orang yang menjadi kolektor Hot Wheels. Namun jangan salah, kebanyakan kolektor adalah orang dewasa,lho, bukan anak – anak. walaupun ada juga anak kecil yang menjadi kolektor(tapi biasanya bapaknya kolektor juga :D). kalo yang saya perhatikan, kolektor ini kebanyakan tidak membeli semua hotwheels untuk di koleksi. hanya sebagian model saja. terutama untuk model yang langka atau pun dianggap unik.

Langka bisa berarti jarang di temukan di tempat – tempat umum. Mungkin karena belum keluar, atau juga karena memang di produksi sedikit. Untuk kategori langka, jenis Treasur Hunt (TH) yang banyak di buru. Kita akan bahas TH lebih lanjut nanti dibawah. tapi ga cuma TH doang lho yang langka. ada juga dari jenis lainya yang langka misalnya nissan 350z tahun 2008, VW beatle thn 2008, dll. kalo dari kategori Unik, ini bisa dilihat dari segi bentuk dan aksesoris. misalnya saja Batmobile, La Troca, Morris Mini Cooper pop up, dll.

TREASURE HUNT
Treasure Hunt (TH) adalah koleksi limited edition (langka) dari seri Hotwheels. Sebenarnya harganya juga cuma Rp.19.000, namun karena beberapa orang telah mengetahui kelangkaannya maka mereka menjualnya Rp.75.000 ke atas. Beberapa kolektor bahkan rela membayar Rp.200.000 hingga 1 Juta. Dulu sempet jalan – jalan ke toko maina di Bandung. Disana satu set TH tahun 2006 dijual dengan harga 1,5 juta! Ciri dari TH adalah adanya tulisan “T-Hunt” di sisi sebelah kanan dengan label berwarna “HIJAU”.

Saat ini, ada jenisĀ  ‘Treasur Hunt $’ berbeda dengan TH biasa, TH$ memiliki cat yang lebih baik. biasanya dengan cat yang warna DOP ataupun juga lebih Glossy. Rims atau Velk roda juga berbeda. lebih realistik dan cantik. Bannya juga terbuat dari karet bukan dari plasti seperti TH biasa. Harga jual TH$ paling murah 150rb. kalau TH biasa saya pernah menjumpai beberapa orang kolektor yang menjualnya dengan harga 25rb saja. bahkan ada yang 20rb! penuruhan harga TH biasa bisa dikarenakan oleh semakin banyaknya jumlah TH biasa yang bisa ditemui di supermarket2. Bahkan saya pernah membeli TH biasa dari gantungan yang ada di Indomart dekat kosan. :D.

HotWheels bisa jadi tempat investasi

Tulisan saya diatas bukan bercanda lho. Setidaknya ini pengalaman saya pribadi. Ketika itu saya membeli sebuah hotwheel TH biasa tahun 2007. Ferrari Enzo. ketika itu saya beli seharga 30rb(karena beli dari kolektor :P), kemudian aku foto dan fotonya aku taro di blog. setelah beberapa waktu, ada seseorang yang mao membeli hotwheels saya itu dengan harga 50rb.

Tentunya, akan ada trik – trik tertentu agar investasinya berhasil. misalnya dengan mengumpulkan item yang langka dan unik. Item yang langka dan unik belum tentu dari jenis T-Hunt. bisa saja dari jenis ‘First Edition’ atau ‘Teams’ atau pun yang lainnya. Yang penting kita tau item mana aja yang langka di kalangan kolektor. tentunya, ini membutuhkan pergaulan yang luas dengan sesama kolektor.

Kalau mau, kamu bisa bergabung di milis atau forum diskusi. Di kaskus ada juga tempat untuk ngebahas HW. kalo milis bisa gabung di indo-diecast atau di tomoci.org. yah, semoga tulisan ini ada gunanya.

About these ads

Filed under: Hiburan, , , , , , , , , , ,

12 Responses

  1. rangga mengatakan:

    hai..minta tolong dunk .gmn caranya dapetin hot wheel dg harga grosir.coz mau jual grosiran.email ke singkongbali@yahoo.co.id

  2. mr dot mengatakan:

    Mainan Hotwell Bisa buat eksperimen LOOO!!!
    jg bisa buat ngilangin stress jg
    !

  3. sab mengatakan:

    Kalau ada HW T-Hunt honda astrea 73 email ke aku yah,tyu
    _Sabrina-

  4. jerry mengatakan:

    saya mau beli howheel grosir buat dijual lagi….gemana caranya?

  5. prabudi widodo mengatakan:

    Numpang tanya, sy pemilik blog benda peninggalan tempo doeloe… sy suka dengan barang2 koleksi, sy pnya beberapa item mainan hotwheel… sy mau tanya bagaimana cara mengetahui tahun pembuatan mainan tersebut pak, karena sy memang kurang paham dengan hotwheel…. terima kasih… tolong balas ke email sy pak. prabudi.widodo@panfic.com

    • ayi mengatakan:

      hotweels itu berdasarkan tahun dan hurup misal tahun sekarang 2011 (di kardusnya tertulis seri 989NFQ itu yang terbaru

  6. gie_lt mengatakan:

    Bro n sist..saya mau jual hot wheels koleksi saya nih..macem2 jenisnya ada yg loose ada juga yg masih segel..alasan dijual karena dapet selingkuhan baru (military cars)..kalo mau liat picnya add pin saya yah 25884bcf..makasih..

  7. rudisk mengatakan:

    >>> Dijual Coleksi hot wheels siapa tau cocok, coleksi strip hijau rata2,

    >>> harga terjangkau pastinya, apalagi buat coletion.

  8. oki mengatakan:

    sy jg lg nyari yg harga grosiran..sapa tau ada yg jual lusinan kabari sy di FB oki indramulia ya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

kategori

adds | stats | tools..

yang lagi mampir..


web submission
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

terjemahkan ke bahasa


Toko Die Cast Jargus
Menjual diecast Hotwheels TH, Tomica, Kinsmart, Carrarama, dll
http://fajarbaguswp.multiply.com
 
Souvenia
Souvenir, Merchandise & Handycraft for wedding, promotion, & gift.
http://www.souvenia.com
Ads by Jargus


selamat datang, sobat..


Assalamualaikum...
Selamat datang di fajarbaguswp.wordpress.com
semoga blog ini bisa bermanfaat buat sobat yang berkunjung ke blog ini.

Silahkan sobat blogger mengambil sebagian atau seluruh isi dari blog saya ini asalkan mencantumkan link ke halaman yang diambil atau di kutip.



Mau link blog kamu ada di blog ini? Silahkan klik disini

jumlah kunjungan..

  • 261,024 dikunjungi
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: