Catatan si Fajar Bagus..

Ketika Berbagi menghadirkan kebahagiaan…

Rekayasa Perangkat Lunak Teknik Berorientasi Objek

Pada tahun 1960-an, pembuatan perangkat lunak tidak menggunakan prinsip-prinsip RPL. Yang di pentingkan ketika itu adalah bagaimana perangkat lunak dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan si pemesan. Pada masa itu juga muncul istilah “Spaghetti Code”. Maksudnya code yang disusun terdapat banyak perintah ‘GOTO’ sehingga code yang disusun terlihat berantakan. Masuk ke tahun 1970-an, muncullah metode yang bernama Metode Tersetruktur. Dimana metode ini menghasilkan aplikasi yang modular dimana fungsi sebagai pembangun perangkat lunak. Metode ini juga masih terdapat kekurangan, antara lain:

Tidak mengelola data

Cocok untuk scientific application, tidak cocok untuk business application

Biaya pemeliharaan besar untuk business application

Menghasilkan PL dengan derajat coupling yang tinggi

Karena itulah sepuluh tahun kemudian muncul suatu metode yang dikenal dengan istilah Objek Oriented. Metode ini memiliki beberapa kelebihan. Karena pada metode ini titik berat pengembangan perangkat lunak ada di tahap analisis tetapi mudah di bagian implementasi karena model-model yang dihasilkan mudah diadaptasi ke dalam program. Selain itu dengan metode ini pengorganisasian sistem berdasarkan objek dan bukan fungsi menghasilkan model yang lebih stabil dari perubahan yang terjadi kemudian, dan pada tahap implementasi menghasilkan program yang lebih modular. Dan juga merupakan proses pengembangan berkesinambungan. Model-model yang dihasilkan pada tahap analisis digunakan pada tahap perancangan dan implementasi. Tahap perancangan dan implementasi mengkonsentrasikan pada memperbaiki model.

Nah, sekarang gimana sih konsep dari Object Oriented Technic (OOT). Dalam OOT ada bagian yang amat penting disebut dengan Object. Object ini maksudnya adalah suatu representasi dari suatu konsep, abstraksi, dan benda dari dunia nyata. Objek memiliki status, prilaku, dan identitas.

Contoh, objek: a person

identity: ’Hussain Pervez’

behaviour: speak, walk, read

states: studying, resting, unqualified

Ada beberapa istilah lagi yang mesti dipahami dalam dunia OOT, yaaitu:

Kelas: abstraksi dari objek-objek sejenis. Objek merupakan instans dari kelas

Atribut: data yang didefinisikan sebagai bagian dari kelas/objek

Operasi: Prosedur atau fungsi yang didefinisikan sebagai bagian dari objek/kelas. Istilah ini digunakan pada tahap-tahap awal pengembangan PL.

Metode: Prosedur atau fungsi yang didefinisikan sebagai bagian dari objek atau kelas. Istilah ini digunakan pada tahap implementasi.


Enkapsulasi merupakan suatu konsep Objek Oriented yang memandang Objek sebagai sesuatu yang berisi data dan metode untuk memanipulasi data tersebut. Jadi objek tidak di pandang secara parsial antara data dengan metode.

Data Hiding maskudnya adalah penyembunyian detil implementasi internal data dan method/operasi dari objek-objek lain. Information hiding mencegah perubahan program akibat adanya sedikit perubahan pada implementasi objek.

Antar objeck dalam OO juga tidak bekerja sendirian. Mereka saling terhubung dan berkomunikasi. Mekanisme ini biasa disebut dengan istilah Message Parsing. Dimana dalam message parsing suatu objek mengirimkan pesan kepada objek lain agar objek penerima pesan menjalankan metode tertentu.

Disamping itu ada juga mekanisme pewarisan. Maksudnya adalah sharing atribut dan operasi yang sama di antara kelas-kelas yang berelasi secara hierarki. Dikenali istilah superclass dan subclass (kelas turunan). Keuntungannya adalah menghindari pengulangan properti pada pendefinisian kelas.

Polimorfisme meupakan suatu mekanisme untuk menyembunyikan implementasi yang berbeda di belakang antarmuka yang sama.

Filed under: Tutorial

7 Responses

  1. aJOemOni mengatakan:

    WUIH.. suwit..suwit..
    ada nyang baru ngambil OOT nih..
    Hihi.. Semanggaaaat jargus~~

    Ganbatte 😉

  2. rizki mengatakan:

    mas aku bisa tahu g website ato link2 tentang implementasi rekayasa perangkat lunak.Ada tugas kuliah juga.
    trims sebelumnya…

  3. jargus mengatakan:

    saya juga lagi mencari. karena skripsi saya juga topiknya tentang RPL…
    nanti saya kabari lewat email kamu…

  4. Evan Julianta mengatakan:

    Lumayan bagus Tapi aku lagi nyari cntoh dr metode perngkat lunak design

  5. Armand mengatakan:

    Huhuh, pusing lagi ngerjain TA RPL, Agile Software Development. Mm, ada yg bisa bantu gak ya….

  6. Dwi janto mengatakan:

    Semoga sukses pantang mundur semangat Ti. Ak juga lg bingung nyari judul buat TA

  7. Amiq mengatakan:

    Sangat Bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

kategori

adds | stats | tools..

yang lagi mampir..


web submission
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

terjemahkan ke bahasa


Toko Die Cast Jargus
Menjual diecast Hotwheels TH, Tomica, Kinsmart, Carrarama, dll
http://fajarbaguswp.multiply.com
 
Souvenia
Souvenir, Merchandise & Handycraft for wedding, promotion, & gift.
http://www.souvenia.com
Ads by Jargus


selamat datang, sobat..


Assalamualaikum...
Selamat datang di fajarbaguswp.wordpress.com
semoga blog ini bisa bermanfaat buat sobat yang berkunjung ke blog ini.

Silahkan sobat blogger mengambil sebagian atau seluruh isi dari blog saya ini asalkan mencantumkan link ke halaman yang diambil atau di kutip.



Mau link blog kamu ada di blog ini? Silahkan klik disini

jumlah kunjungan..

  • 474,322 dikunjungi
%d blogger menyukai ini: