Catatan si Fajar Bagus..

Ketika Berbagi menghadirkan kebahagiaan…

KPI : Tayangan Bermasalh Bulan Maret, April, dan Juni

Komisi Penyiaran Indonesia

Komisi Penyiaran Indonesia

KPI baru aja mengeluarkan daftar acara dan tayangan televisi yang bermasalah selama bulan maret dan april. berikut ini adalah nama tayangan dan alasannya.

Tayangan yang mendapat sanksi di bulan Maret adalah:

  1. Tayangan dengan judul Layar Asik yang ditayangkan TPI, mendapat Teguran Pertama karena mengandung muatan kekerasan dalam rumah tangga pada anak dan orang tua, serta kekerasan fisik dan verbal untuk episode ”Preman Insyaf”, ”Buruh Cuci Dapat Rumah, ”Buruh Cuci Jujur Akhirnya Mujur”, ”Rebutan Warisan”, dan ”Ibu Tiri Berhati Mulia”. Sedangkan untuk episode ”Rumah di Syurga” dan ”Buruh Cuci Dapat Rumah” melanggar norma kepantasan dan kesopanan yang terkait dengan nilai-nilai agama.
  2. Tayangan dengan judul Layar Hidayah juga disiarkan TPI, mendapat Teguran Pertama karena mengandung muatan kekerasan dalam rumah tangga pada anak dan orang tua, serta kekerasan fisik dan verbal untuk episode ”Ibu Itu Membuang Anaknya”, ”Istri Durhaka”, ”Kembang Desa”, ”Lintah dan Ular di Jasad Rentenir”, dan ”Si Kikir dan Sedekahnya”. Sedangkan untuk episode ”Lintah dan Ular di Jasad Rentenir” melanggar norma kepantasan dan kesopanan yang terkait dengan martabat manusia dan nilai-nilai agama di antaranya adegan memukuli mayat. Pelanggaran tersebut berlanjut untuk tayangan bulan April.
  3. TPI juga mendapat Teguran Pertama untuk tayangan dengan judul Layar Siang dengan episode ”Penyanyi Dangdut Pakai Susuk”, dan ”Anak Durhaka yang Menjadi Buta” karena mengandung muatan kekerasan dalam rumah tangga pada anak dan orang tua, serta kekerasan fisik dan verbal serta adanya episode yang memuat adegan sensual
  4. Sementara itu stasiun TV Indosiar juga mendapat Teguran Pertama untuk tayangan dengan judul Layar Indonesia episode ”Bukan Cinta Bisu”, ”Cinta Bukan Pilihan”, ”Cinta Bukan Sandiwara”, ”Cinta Marina”, ”Cinta Tak Pernah Mati”, ”Jangan Pisahkan Anakku”, ”Kesetiaan Cinta”, ”Salahkah Aku Mencintaimu?”, dan ”Surga Kasih Ibu” karena mengandung muatan kekerasan dalam rumah tangga pada anak dan orang tua, kekerasan fisik dan verbal serta pelecehan/kekerasan perempuan.
  5. Marichuy yang ditayangkan di Global TV mendapatkan Teguran Pertama karena menampilkan orang berpakaian minim yang menonjolkan bagian tubuh tertentu, adegan mabuk-mabukan, kehidupan laki-laki perempuan yang bebas, serta panggilan julukan yang tidak pantas.
  6. KPI juga menghimbau stasiun TV Indosiar untuk tidak menayangkan kembali tayangan sejenis Muslimah yang pernah tayang di Indosiar.
Tayangan yang terpantau KPI dan mendapatkan sanksi di bulan April yaitu:

  1. Tayangan FTV Drama diberi Teguran Pertama dalam episode “Aji Saka vs Dewata Cengkir”, “Dewi Loro Amis”, “Adi dan Ari”, “Kawin Lari”, Rangga Pati dan Guring Tujuh”, Pangeran Tanduk dan “Benteng Matahari”, serta Putri Bungsu dan Pangeran Langit” karena mengandung muatan kekerasan fisik dan verbal serta kekerasan kepada anak.
  2. TPI kembali mendapatkan Teguran Pertama untuk tayangan dengan judul Kisah-kisah Islami dalam episode”Penjual Tikar Bangun Musola”, ”Ibu Berhati Malaikat”, ”Kisah Bunga Desa Gagal Menikah”, Kepala Mayat Anak Durhaka Dipenuhi dengan Paku”, Penipuan Berkedok Sumbangan Anak Yatim”, ”Jenazah Tersenyum”, Azab Pengemis Boongan”, ”Jenazah Harum”, Anak Pelacur Jadi Guru Ngaji”, dan Penjual Kue Menjadi Pengusaha”. Tayangan tersebut dinilai mengandung muatan kekerasan dalam rumah tangga pada anak serta kekerasan fisik dan verbal
  3. Sinetron seri Melati untuk Marvel yang ditayangkan SCTV mendapat Teguran Pertama karena dalam setiap episode memuat kekerasan fisik dan verbal.
Pemantauan bulan Maret dan April dilakukan terhadap 53 mata acara mencakup 567 episode untuk kategori Sinetron Seri, Film Lepas dan Reality Show Semua keputusan ini diambil melalui Rapat Pleno KPI Pusat pada tanggal 30 juni 2009, setelah mendapatkan masukan dan pertimbangan dari tim panelis yang beranggotakan Prof. Arief Rahman, Dedy Nur Hidayat Ph.D, Dr. Seto Mulyadi, Dra. Nina Armando MSi, Bobby Guntarto, MA, dan Ir. Razaini Taher.
Pada bulan Juni KPI juga memberikan sanksi untuk:
  1. Sinetron Inayah yang tayang di Indosiar. Sinetron ini merupakan kelanjutan dari Hareem yang sudah dua kali mendapat teguran. Untuk itu, KPI memberi kesempatan kepada Indosiar untuk menyampaikan klarifikasi karena dinilai melanggar norma kesopanan dan kesusilaan serta menampilkan kata-kata kasar dan makian. Untuk sinetron tersebut KPI juga menerima banyak pengaduan dari masyarakat.
  2. Hits yang ditayangkan RCTI mendapat Teguran Pertama karena menampilkan adegan bersifat supranatural, mengerikan dan dapat menimbulkan rasa takut pada siang hari, di antaranya, memotong lidah dengan pisau dan memotong lengan bintang tamu.
  3. Iklan On Clinic berklasifikasi Dewasa yang ditayangkan RCTI, SCTV, Global, Trans TV dan Trans 7 di bawah pukul. 22.00 juga mendapat teguran pertama dari KPI.
Alhamdulillah, sekarang kerja KPI mulai menggeliat. Hayo semangat. Berantas tayangan televisi bermasalah dan tidak mendidik.

Filed under: Hiburan, Umum

4 Responses

  1. fadillahcinta mengatakan:

    Sip2 berjuang terus KPI untuk memberantas tayangan2 tidak bermutu.
    mari bersama kita selamatkan pemirsa Indonesia !

  2. Tri Setyo Wijanarko mengatakan:

    bagus lah kalo KPI sudah mulai bertindak, agar siaran di tv indonesia semakin bermutu

  3. jargus mengatakan:

    Kalo punya uneg-uneg tentang tayanga televisi, baik itu sinetron, iklan, film, video clip, dan semuanya yang tayang di TV, langsung aja hubungin KPI. klik di logo KPI diatas untuk menuju ke website KPI..

  4. stone mengatakan:

    asal jangan cuma teguran ya..benar-2 harus dipantau!!!

    para production housenya jangan cuma mikirin untung dong!!!

    mereka juga harus ikut tanggung jawab sama demoralitas bangsa ini !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

kategori

adds | stats | tools..

yang lagi mampir..


web submission
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

terjemahkan ke bahasa


Toko Die Cast Jargus
Menjual diecast Hotwheels TH, Tomica, Kinsmart, Carrarama, dll
http://fajarbaguswp.multiply.com
 
Souvenia
Souvenir, Merchandise & Handycraft for wedding, promotion, & gift.
http://www.souvenia.com
Ads by Jargus


selamat datang, sobat..


Assalamualaikum...
Selamat datang di fajarbaguswp.wordpress.com
semoga blog ini bisa bermanfaat buat sobat yang berkunjung ke blog ini.

Silahkan sobat blogger mengambil sebagian atau seluruh isi dari blog saya ini asalkan mencantumkan link ke halaman yang diambil atau di kutip.



Mau link blog kamu ada di blog ini? Silahkan klik disini

jumlah kunjungan..

  • 465,155 dikunjungi
%d blogger menyukai ini: