Catatan si Fajar Bagus..

Ketika Berbagi menghadirkan kebahagiaan…

Project Itu apa ya..?

Di kantor, sering banget kita mendengar istilah project. Bahkan kita bekerja selalu berada dalam tim project. Pernah ga iseng – iseng bertanya, Sebenernya apa sih project? Apa bener yang saya lakukan sekarang adalah mengerjakan project? Nah, saya coba sharing-sharing tentang definisi Project, karakteristik nya serta perbedaannya dengan kegiatan operasional. Sebenernya tulisan ini juga dimaksudkan sebagai pengantar menuju Project Management.

Mas, kamu nanti gabung ke project Pengembangan Aplikasi Blablabla,ya..”  Kata-kata itu biasanya disampaikan oleh atasan kita ketika ada sebuah project baru yang akan di assign ke kita. Dan biasanya, kita langsung menjawab dengan balik pertanyaan. “Project apa, pak?”. Nah, biasanya atasan kita akan memberikan sekilas info mengenai aplikasi yang akan dikembangkan. Selebihnya, akan dijelaskan ketika Kick Off.

Ilustrasi diaatas sebenernya sudah sedikit menggambarkan Project itu apa. Kalo dilihat dari definisi yang saya ambil dari PMI (Project Management Institute) dalam bukunya PMBOK Guide, Project didifinisikan sebagai

“Project adalah usaha sementara yang diambil untuk membuat produk, jasa atau hasil yang unik”

Dari definisi tersebut, ada dua yang menjadikan karakteristik sebuah project :

  • Project merupakan usaha sementara

Dengan kata lain, project memiliki awal dan memiliki akhir. Ilustrasi diatas, menggambarkan awal dari sebuah project yang biasa kita kenal dengan istilah Kickoff Project. Dan pastinya, nanti akan ada akhir dari sebuah project, yang biasa disebut dengan istilah Clossing Project. Dengan demikian, project tidak bisa tiba-tiba saja mulai, atau tau – tau langsung kerja, atau langsung coding. Harus ada mulainya. Demikian juga harus ada akhirnya. Akhir ini bisa memiliki dua arti. Pertama, memang project nya sudah selesai atatu FINISH. Kedua, project dihentikan atau STOP/TERMINATE. 

  • Project bertujuan untuk membuat sesuatu yang unik

Project bertujuan untuk membuat produk, service, jasa atau hasil yang unik. Produk, service atau hasil dari project ini bisa disebut dengan istilah Deriverable. Unik, dengan kata lain project memiliki deliverable yang terukur dan kuantitatif. Dengan deriverable yang terukur dan kuantitatif, maka project tersebut dapat dimanage. Hal ini juga yang membedakan atara project dengan pekerjaan rutin. Dimana pekerjaan rutin akan menghasilkan aktifitas yang sama disetiap harinya.

Berikut beberapa karakteristik atau beberapa hal yang sering terjadi dari sebuah Project:

1. Typical Cost and Staffing Levels Across the Project Cycle

Ketika awal project, biaya masih sedikit dan akan terus bertambah sepanjang project sampai pada puncaknya ketika pelaksanaan projcet itu sendiri. Kemudian akan menurun ketika project akan berakhir.
2. Stakeholder influence vs Cost to Change

Dalam suatu project ketika diawal biasanya pengaruh dari Stakeholder masih tinggi hal ini diimbangi dengan biaya untuk merubahnya yang masih sedikit. Seiring dengan perjalanan project, pengaruh dari stakeholder seharusnya menurun, karena keinginan dari stakeholder tersebut sudah dituangkan dalam satu dokumen System Requirement Specification. Dimana dokumen ini nantinya menjadi panduan bagi developer untuk membangun produk yang akan dihasilkan dari project tersebut. Hal ini juga mengindikasikan, kalo mau ada perubahan-perubahan requirement, hendaknya dilakukan di awal project, karena bakalan besar costnya kalo di akhir-akhir baru berubah
3. Stakeholder influence (Common bad practice)

Nah, ternyata pada kenyataannya , sering kali pengaruh stakeholder tidak selamanya turun secara berangsur-angsur. Pernah kan kita menemukan seorang user yang biasa disebut dengan istilah ON-OFF.  Nah, user ini biasanya muncul diawal, tiba-tiba menghilang, kemdian muncul lagi sambil memberikan banyak masukkan (entah dapet wangsit dari mana, :D), untuk kemudian hilang lagi, dan begitu seterusnya. Jadi pengaruh stakeholder biasanya naik turun, tapi seharusnya meskipun naik turun, kalo di total seharusnya tetap dipertahankan menurun.
4. Project Uncertainty / Risk

Ketidakpastian bisa juga dikaitkan dengan resiko. Semakin banyak ketidakpastian, semakin banyak pula resiko yang mungkin timbul. Tapi jangan khawatir, karena seiring dengan banyaknya informasi yang diterima, ketidakpastian juga akan menurun, sehingga resiko-resiko yang tadinya kemungkinan akan terjadi bisa berkurang atau paling tidak kita sudah memiliki cara bagaimana menghadapinya.
5. Explosion of information

Sering kan ngerasain kayak gini, dimana informasi diawal project sangat sedikit, kemudian ditengah-tengah, tiba-tiba kita mendapat informasi yang begitu banyak. Tips nya, bisa dilakukan dengan mempercepat gathering informasi setelah gathering requirement. Agar kita bisa memprediksi apakah dengan informasi yang sudah diperoleh ini, requirementnya akan semakin jelas atau malah bisa jadi change requirement. Seperti dijelasin diatas, semakin banyaknya informasi, bisa mengurangi ketidakpastian dari project itu sendiri.

Filed under: Umum

One Response

  1. JempolMedia.Com mengatakan:

    Bagus ne artikelnya, kunjungi balik gan
    salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

kategori

adds | stats | tools..

yang lagi mampir..


web submission
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

terjemahkan ke bahasa


Toko Die Cast Jargus
Menjual diecast Hotwheels TH, Tomica, Kinsmart, Carrarama, dll
http://fajarbaguswp.multiply.com
 
Souvenia
Souvenir, Merchandise & Handycraft for wedding, promotion, & gift.
http://www.souvenia.com
Ads by Jargus


selamat datang, sobat..


Assalamualaikum...
Selamat datang di fajarbaguswp.wordpress.com
semoga blog ini bisa bermanfaat buat sobat yang berkunjung ke blog ini.

Silahkan sobat blogger mengambil sebagian atau seluruh isi dari blog saya ini asalkan mencantumkan link ke halaman yang diambil atau di kutip.



Mau link blog kamu ada di blog ini? Silahkan klik disini

jumlah kunjungan..

  • 465,155 dikunjungi
%d blogger menyukai ini: